Loading...

48 Tempat Pengolahan Pangan Terpilih Untuk Verifikasi Lapangan Penghargaan TPP



Jakarta – Proses verifikasi lapangan dalam rangka mencari pemenang penghargaan dari Menteri Kesehatan bagi Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) saat ini sedang berlangsung secara simultan, diberbagai daerah di Indonesia.


Verifikasi lapangan adalah kegiatan tim penilai yang turun ke lokasi TPP yang sudah lolos verifikasi dokumen. Tujuan verfikasi lapangan adalah untuk meninjau dan menilai langsung lokasi TPP berdasarkan dokumen yang dikirimkan apakah sesuai atau tidak dalam praktiknya di lapangan


Beberapa verifikasi lapangan yang telah dilakukan diantaranya di kota Jakarta seperti pada 30/9 telah berlangsung kegiatan verifikasi lapangan di hotel Four Seasons, Jakarta Selatan, beberapa restoran di Jakarta Utara, Jakarta Timur.  Di kabupaten Blora ada Kyriad Arra Hotel (1/10), di Denpasar tim penilai melakukan verifikasi lapangan di Aerofood ACS wilayah bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali (23/9). Sedangkan di daerah Way Kanan tim penilai melakukan verifikasi lapangan di Lapas Kelas II B Way Kanan, Provinsi Lampung (23/9).


Kategori penilaian TPP ini semuanya mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020. Seperti misalnya dalam masa pandemi ini, maka setiap TPP harus memiliki Manajemen Protokol Kesehatan. Dimana setiap TPP harus memiliki Satgas Covid-19 yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam penanganan Covid-19 di semua area TPP. Harus memiliki SOP/Program/Kebijakan Protokol Pencegahan Covid-19.


Tim penilai terdiri dari beberapa anggota yang berasal dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI), Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia (APKEPI), juga dari aosiasi dan Lembaga Pendidikan terkait dengan kesehatan pangan dan kesehatan lingkungan.


Verifikasi lapangan, merupakan kegiatan akhir untuk menentukan TPP manakah yang akan mendapat penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan dari Kementerian Kesehatan. Tahun ini verifikasi lapangan dilakukan di 48 TPP yang berada di Sembilan wilayah Dinas Kesehatan Provinsi dan enam wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).


Nantinya dari hasil verifikasi lapangan tersebut tim penilai akan menentukan siapakah TPP yang akan mendapat penghargaan dari Menteri Kesehatan untuk tahun 2021. (Erl)