Loading...

Autisme A-Z Webinar Peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia 2022


Jakarta – Kamis (7/04) Direktorat Kesehatan Jiwa menyelenggarakan webinar dalam rangka peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia tahun 2022. Webinar dengan topik “Autisme A-Z, Fasyankes Primer Bisa Apa? Nakes Wajib Tahu!” mengupas tuntas tentang autisme dan ditujukan bagi para tenaga kesehatan (nakes) untuk lebih mendalami autisme yang dapat diterapkan pada pelayanan primer.

Dalam sambutannya dr. Maria Endang Sumiwi, MPH selaku Direktur jenderal Kesehatan Masyarakat menyampaikan bahwa WHO memprediksi 1 dari 160 anak di dunia menderita gangguan spektrum autisme, sedangkan jumlah penderita gangguan spektrum autisme di Indonesia diperkirakan mengalami peningkatan 500 orang setiap tahunnya. Periode tahun 2020-2021 dilaporkan sebanyak 5.530 kasus gangguan perkembangan pada anak, termasuk gangguan spektrum autisme yang mendapatkan layanan di Puskesmas.

Oleh karena itu momen peringatan tahun ini adalah momen yang tepat untuk mendukung kesetaraan dan memberikan perhatian terhadap orang dengan gangguan spektrum autisme. Agar mereka mendapatkan hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Wakil Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa peringatan autisme ini sangat penting, agar kita semua dapat memperhatikan anak-anak dengan gangguan spektrum autisme memiliki hak yang sama dengan anak-anak lainnya agar dapat terus menjalankan aktifitas sehari-hari. Dan fasyankes primer posisinya sangat penting karena dapat berperan lebih awal untuk mendeteksi anak dengan gangguan spektrum autisme tersebut sejak dini, sehingga dapat mencegah gangguannya semakin parah, untuk dapat meningkatkan kualitas kesehatan anak Indonesia secara umum.

Dalam webinar tersebut menghadirkan 4 narasumber, Dr. M. yadi Permana, SpB(K)Onk, Dr. Ira Savitri Tanjung, SpKJ (K), Dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si, Psikolog, dan Ria Utami Panjaitan, S.Kp., M.Kep. acara diikuti oleh 1000 lebih peserta dari tenaga kesehatan di Fasyankes Primer seluruh Indonesia.

 (Erl)