Loading...

Cara Kota Bogor Cegah Stunting Melalui Teleus



Jakarta - Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia. Penyebab utamanya adalah kurangnya kecukupan gizi pada bayi dan anak-anak yang dapat menimbulkan berbagai dampak jangka panjang seperti rendahnya tingkat kecerdasan, perawakan pendek, serta berbagai gangguan kesehatan kronik lainnya di kemudian hari seperti hipertensi, diabetes, dan obesitas. Pada Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28, Wakil Presiden Republik Indonesia, Maruf Amin, mengajak seluruh kalangan penduduk Indonesia untuk bersama-sama berperan aktif dalam penanggulangan stunting.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat memiliki program khusus untuk penanganan stunting bernama Taleus Bogor (Tanggap Laleungitkeun Stunting di Kota Bogor). Program ini merupakan inovasi terpadu penanggulangan stunting di Kota Bogor. Sejak tahun 2016, Dinas Kesehatan Kota Bogor bekerja sama dengan berbagai organisasi kemasyarakatan/LSM untuk memberdayakan lansia dalam memberikan edukasi serta melakukan intervensi pencegahan dan penanggulangan stunting dengan memperhatikan pendekatan siklus hidup (kelompok umur).

Walikota Bogor Bima Arya menyampaikan bahwa, kata kuncinya adalah konvergensi yang terpadu, harus melibatkan semua sektor tidak dapat mengandalkan satu atau dua dinas saja dan harus melibatkan masyarakat termasuk unsur pendidikan tinggi seperti Universitas.

Kami optimis akan bisa menurunkan angka stunting di Kota Bogor dengan inovasi Tanggap Leungitkeun Stunting (Taleus Bogor).(bsu)