Loading...

Dirjen Kesmas Apresiasi Pelayanan Primer di Kota Ternate



Ternate - Dirjen Kesmas dr. Maria Endang Sumiwi, MPH bersama tim Kemenkes melakukan kunjungan kerja di wilayah Kota Ternate, Maluku Utara (18/4). Tujuan kunker ini untuk melihat langsung pelaksanaan pelayanan primer dan kesmas di tingkat Puskesmas.

Diawali dengan mengikuti diskusi bersama Komisi IX DPR - RI dan mitra dilanjutkan melihat pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Pembantu Kelurahan Afe Taduma serta Puskesmas Kalumpang Kota Ternate dan diakhiri dengan dialog bersama jajaran Dinkes Propinsi Maluku Utara.

Kementerian Kesehatan akan berfokus pada upaya promotif dan preventif. Khususnya transformasi pada layanan primer yang tujuannya adalah upaya untuk menciptakan orang yang sehat dengan menggerakan langkah-langkah preventif. 

Saat ini upaya tersebut akan meliputi pemberian edukasi pada penduduk, melakukan pencegahan primer dan pencegahan sekunder dengan upaya gencar melaksanakan pemeriksaan Kesehatan, dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas layanan primer dengan mendekatkan layanan primer kepada masyarakat. 

"Saya apresiasi dan tetap semangat dalam menjalankan tugas melayani kesehatan masyarakat, khususnya dalam peningkatan KIA serta penaggulangan Stunting" ujar dirjen kesmas. (bsu)

klik video liputan