Loading...

Dirjen Kesmas Dampingi Menkes Meresmikan Puskesmas Pembantu Plus Untuk Memperkuat Pelayanan kesehatan Primer



Lombok - Dirjen Kesmas, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menghadiri kegiatan Bakti Nusantara 2022 dan peresmian Puskesmas Pembantu Plus AFC HEALTH CENTER di Aik Mual, Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Lombok, NTB Sabtu (25/6).

Adanya Puskesmas Pembantu ini, menjadi bukti pentingnya kolaborasi lintas sektor termasuk dengan pihak swasta dalam kerangka pembangunan sektor kesehatan di tanah air. Mengingat sektor kesehatan turut berpengaruh untuk menjaga stabilitas perekonomian nasional. Kesehatan penting untuk menjaga perekonomian supaya tidak turun.

Karenanya semuanya harus inklusif, saling berkolaborasi antara pemerintah, swasta dan organisasi kemasyarakatan. Kita tidak akan berhasil kalau pendekatannya ada pada program, harus memiliki pendekatan gerakan.

Dengan adanya bantuan pembangunan Puskesmas Pembantu Plus (Pustu), Menkes menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi bagi penyelesaian masalah kesehatan di NTB. Kedepan, Menkes berharap kegiatan serupa bisa dilanjutkan di daerah lain di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Ummi Rohmi mengatakan, pihaknya siap mendukung pemerintah pusat untuk meningkatkan layanan kesehatan primer melalui pembangunan maupun penguatan kapasitas Posyandu Keluarga, Pustu, dan Puskesmas di seluruh wilayah NTB. 

“Kita memperjuangkan bagaimana pembangunan kesehatan di hulu mendapatkan porsinya yang cukup, tak hanya di hilir. Kita berjuang dengan Posyandu Keluarga, Pustu, dan Puskesmas, menjadi garda kesehatan terdepan di NTB,” tutur Ummi Rohmi dikutip dari keterangan resmi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hal ini sejalan dengan transformasi sistem kesehatan yang sedang dilakukan Kemenkes RI, khsusnya transformasi layanan primer.