Loading...

Dukung Program Kesmas Belajar dengan Webinar dan Workshop Penulisan Ilmiah Program Kesmas


Dalam rangka pelaksanaan transformasi di bidang kesehatan, 6 pilar telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Sementara itu, demi mendukung keenam pilar tersebut dibutuhkan pilar ke 7 yakni Transformasi Internal Kemenkes. Untuk itu Ditjen Kesmas mencanangkan pengembangan kapasitas pegawai dengan Kesmas berkembang, yaitu Kesmas Bermimpi (visi ke depan), Kesmas Belajar (peningkatan kapasitas) dan Kesmas Apresiasi. 

“Kesmas belajar melalui penulisan ilmiah ini bekerja sama dengan Champ UI dimana sistematika dari pelatihan sudah disepakati bersama agar semakin mempertajam analisis data kesehatan dan metode-metode yang kita gunakan untuk evaluasi dan assessment selain itu juga berkontribusi pada diskursus tentang kesehatan masyarakat di tingkat global. Karena saat ini publikasi dari Indonesia terutama kementerian kesehatan program-programnya masih sangat minimal dan masih tertinggal dari negara lain misalnya Cina maupun Thailand.” kata Dirjen Kesmas, Maria Endang Sumiwi dalam sambutannya.



Dilaksanakan pada tanggal 24-26 November 2022, konsep pelatihan dilaksanakan menggunakan metode webinar (daring) dan workshop (luring). Webinar menyediakan kesempatan bagi seluruh pegawai di Ditjen Kesmas untuk memperoleh pengetahuan mengenai penulisan ilmiah. Sedangkan pelaksanaan workshop yang akan diikuti oleh peserta secara langsung terdiri dari kegiatan praktikum penyusunan draft penulisan ilmiah sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pegawai dalam penyusunan tulisan ilmiah, memiliki literasi yang baik dan dapat menghasilkan karya tulis yang berkualitas dan bermanfaat bagi program kesehatan masyarakat. Peserta webinar dan workshop dalam pelatihan ini diikuti oleh seluruh pegawai di lingkup Ditjen Kesmas.




Dirjen Kesmas menambahkan pula bahwa proses belajar bukan hal yang instan tapi menjadi permulaan yang baik karena pekerjaan di kementerian kesehatan mempunyai privilege yakni bisa eksekusi tapi juga bisa analisis, bahkan bisa juga kearah science dan penulisan-penulisan ilmiah. Kita punya spektrum yang cukup luas kalau kita ingin membangun expertise di dalam kesehatan masyarakat. (Ris)