Loading...

Gebyar Vaksin Lansia Banten


Serang - Saat ini Indonesia telah memasuki tahap kedua vaksinasi COVID 19 dengan sasaran lansia dan petugas publik. Hingga 16 Mei 2021 capaian vaksinasi pada sasaran lansia hanya mencapai seperempat dari capaian vaksinasi pada petugas publik. Padahal lansia merupakan kelompok rentan dan berisiko tinggi jika terpapar covid 19, sehingga vaksinasi lansia menjadi upaya yang harus dikejar dengan maksimal untuk meminimalisir resiko yang ada.

Pemerintah sangat serius dalam memenuhi target capaian vaksinasi pada lansia. Kementerian Kesehatan mencanangkan Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) yang dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini telah diresmikan oleh Menteri Kesehatan di Kabupaten Bandung pada tanggal 18 Mei lalu.  GVL akan dilaksanakan selama dua minggu hingga tanggal 29 Mei 2021.

Masih dalam rangkaian kegiatan tersebut, GVL di Provinsi Banten dilaksanakan di tanggal dua titik yaitu di Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan RSUD Kota Serang. Tanggal 21 Mei 2021. Di depan para lansia pada saat peninjauan GVL di Dinkes Provinsi Banten, Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, drg. Kartini Rustandi, M.Kes menyampaikan pentingnya upaya percepatan vaksinasi bagi lansia sebagai kelompok prioritas yang mendapatkan vaksin. Hal ini dikarenakan lansia memiliki faktor resiko yang tinggi antara lain faktor usia dan penyakit penyerta. “Untuk itu saya mengharapkan semua pihak dapat saling bergandeng tangan, mengajak lansia agar mau divaksin.”, ujar Drg. Kartini. Para lansia juga harus tetap melaksanakan protocol kesehatan meskipun telah divaksin, tambah drg Kartini.

Walikota Kota Serang menyampaikan GVL menargetkan 2000 lansia yang divaksin. “Meskipun banyak pro dan kontra di tengah masyarakat terkait vaksinasi ini, namun dengan bantuan semua pihak termasuk Lurah dan Camat, lansia pasti akan mau untuk divaksin sehingga cakupan lansia yang divaksin akan meningkat.”, ujarnya.

GVL menjadi gerakan bersama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, lintas sektor dan stakeholder terkait agar makin banyak lansia yang divaksinasi. GVL juga menjadi penghargaan sekaligus penghormatan bagi seluruh lansia di Indonesia. Momen ini juga sekaligus dalam rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia pada tanggal 29 Mei mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Plt Dirjen Kesmas bersama Walikota Kota Serang menyampaikan buku Kesehatan Lanjut Usia kepada perwakilan lansia yang hadir. Buku ini merupakan buku bagi lansia yang dapat digunakan sebagai panduan untuk hidup yang lebih sehat dan produktif. (epw)

Video Liputan