Loading...

Gempa Cianjur, TGC Kesmas Gerak Cepat Membantu


Jakarta – Gempa kembali melanda Indonesia kali ini Cianjur yang menjadi pusat terjadinya gempa dengan kekuatan 5,6 skala ritcher, yang mengakibatkan banyak korban meninggal dan luka hingga ratusan jiwa.

Menanggapi kejadian bencana alam tersebut, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat mengirim Tim Gerak Cepat (TGC) yang sudah berada di lokasi terdampak gempa di Cianjur.

TGC ini terus bertugas melakukan asesmen dan memberikan bantuan kesehatan kepada para korban, khususnya permasalahan kesehatan masyarakat bagi para pengungsi. Bantuan yang diberikan seperti pemenuhan gizi bagi anak, balita, dan membantu tindakan persalinan di pengungsian. Selain bantuan berupa edukasi untuk tetap sehat fisik dan sehat mental selama di pengungsian.

TGC ini terdiri dari kluster Promosi Kesehatan, Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, dan Kesehatan Reproduksi (Kespro).

Hingga Kamis (24/11) telah tersalurkan bantuan barupa 2 ton Pemberian Makanan Tambahan (PMT) balita dan PMT Ibu hamil (Bumil) sebanyak 1 ton. Dapur Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) telah didirikan, serta hadirnya pendamping PMBA dari Persatuan Ahli Gizi (Persagi) untuk memastikan kebutuhan gizi bayi dan anak tetap terpenuhi.

350 kit kesehatan juga sudah dikirimkan untuk para korban yang mengungsi. Pendirian tenda Kespro juga telah terpasang, sudah dapat digunakan untuk melayani persalinan salah seorang pengungsi.

Pemasangan media informasi (KIE) berisi pesan kesehatan yang mengedukasi para pengungsi sudah terpasang di lokasi-lokasi pengungsian dan sekitarnya. Karena korban masih terus berdatangan dan gempa susulan masih terjadi, maka dukungan bantuan kesehatan jiwa dan psikososial, serta penyuluhan gizi darurat di lokasi bencana masih terus dilakukan. (Erl)