Loading...

Ini dia Para Pemenang Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Award




Jakarta(13/01) - Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dengan Indonesian Health Promoting Hospital Network (IHPHNet) melakukan kontrak kerjasama dalam bentuk swakelola terkait Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Tahun 2022. PKRS merupakan kegiatan memberdayakan pasien, keluarga pasien, SDM Rumah Sakit, pengunjung Rumah Sakit, serta masyarakat di sekitar Rumah Sakit untuk berperan serta aktif dalam proses asuhan untuk mendukung perubahan perilaku dan lingkungan serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju derajat kesehatan yang optimal.

Sebagai rangkaian pembukaan kegiatan PKRS Award 2022, telah dilakukan Webinar Sosialisasi Petunjuk Teknis Intervensi Promosi Kesehatan Rumah Sakit pada 9 Penyakit Prioritas Nasional secara hybrid dengan narasumber dari IHPHNet. PKRS Award diadakan dengan maksud memberikan apresiasi sebagai bentuk pembinaan terhadap rumah sakit yang telah menyelenggarakan promosi kesehatan yang telah memenuhi standar dan diselenggarakan secara nasional, dengan peserta sebanyak 33 Rumah Sakit yang terlibat.




Direktur Promkes dan PM Kementerian Kesehatan, drg. Widyawati, MKM mengatakan dalam sambutannya “Bila PKRS berjalan baik, maka dapat dipastikan bahwa Rumah Sakit tersebut akan mendapatkan citra positif di masyarakat. Selain itu, PKRS yang baik juga akan mendukung gerakan literasi kesehatan dengan banyaknya pakar dan profesional di Rumah Sakit.”

Ada 3 kategori pemenang yakni RSUD, RS Vertikal, dan RS Swasta. Penetapan pemenang berdasarkan hasil diskusi tim yang mengacu pada pemeriksaan dokumen, video, karya ilmiah, dan hasil visitasi. Berikut adalah list para pemenang PKRS Award:

Pemenang kategori RSUD

Juara I: RSUD Al Ihsan

Juara II: RSUD Prov. NTB

Juara III: RSUD Dr. Iskak Tulungagung

Juara Harapan I: RSUD Cilacap

Juara Harapan II: RSUD dr. Soedarso


Pemenang kategori RS Vertikal

Juara I: RSUP dr. Sardjito

Juara II: RS Jiwa dr. Marzoeki Mahdi

Juara III: RSA UGM

Juara Harapan I: RSPI dr. Sulianti Saroso

Juara Harapan II: RSUP Persahabatan


Pemenang kategori RS Swasta

Juara I: RS Immanuel Bandung

Juara II: RS PKU Muhammadiyah Temanggung


Pemenang kategori khusus RS yang menginisiasi dan menginspirasi perkembangan PKRS di Indonesia

RSUD R. Syamsuddin SH


Hadiah yang diberikan kepada pemenang berupa plakat dan sertifikat dari Kementerian Kesehatan dan IHPHNet juga memberikan voucher pelatihan bagi pemenang.

Dwi Ardi Maryandi, SKM, MPH selaku Ketua Tim Kerja Pemberdayaan dan Penggerakan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI berharap dengan adanya kegiatan Penganugerahan PKRS Award 2022 ini maka dapat memicu para Direktur Rumah Sakit di seluruh Indonesia beserta jajarannya untuk mengembangkan dan melaksanakan PKRS secara holistik dengan lebih baik lagi demi Indonesia yang lebih baik, sehingga ke depannya Rumah Sakit di Indonesia dapat menjadi Rumah Sakit rujukan di kawasan Asia Tenggara.(Ris)