Loading...

Kejar Vaksin Covid 19 Buat Lansia Lewat "Gerakan Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL)" di Kabupaten Bandung



Soreang - Dalam rangka percepatan cakupan vaksinasi COVID-19 pada lansia, Kementerian Kesehatan RI melaksanakan "Gebyar Vaksinasi Lansia" (GVL) di seluruh Indonesia selama 2 minggu, tanggal 17-29 Mei 2021, yang mana sekaligus mengisi peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2021. Hari Lanjut Usia Nasional setiap tahun diperingati tanggal 29 Mei.

Bapak Menteri Kesehatan RI didampingi Plt. Dirjen Kesmas, Kartini Rustandi mengunjungi lokasi vaksinasi lansia di Kabupaten Bandung, Jawa Barat selasa 18 Mei 2021. Tujuan kunjungan dari pimpinan Kementrian Kesehatan ini adalah memberi dukungan, apresiasi dan motivasi kepada semua unsur yang terlibat dalam program vaksinasi COVID-19 pada lansia dimanapun berada.

Dibandingkan dengan sasaran pelayan publik, capaian vaksinasi pada lansia masih sangat rendah untuk rata-rata tingkat nasional dosis 1: 12,95  dan dosis 2: 8,50 % (update 16 Mei 2021 pukul 12.00 WIB). Adapun sasaran lansia yang divaksinasi adalah 21.553.118 orang. Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan cakupan vaksinasi Covid-19 bagi Lansia di Jabar baru mencapai 8 %.

Beberapa hal yang berkaitan dengan rendahnya capaian tersebut antara lain adalah; rasa takut atau ragu dari lansia maupun keluarga terhadap keamanan vaksin COVID-19 bagi lansia, terbatasnya akses informasi tentang vaksinasi, dan terbatasnya akses transportasi ke tempat vaksinasi. Oleh karena itu perlu dilakukan langkah-langkah yang melibatkan berbagai pihak untuk memberikan sosialisasi edukasi dan komunikasi pada masyarakat khususnya kelompok prioritas lansia dan keluarga, serta mempermudah akses lanjut usia untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi COVID-19.

Pada vaksinasi lansia ini peran anak, peran keluarga, peran kerabat serta tokoh lokal menjadi sangat penting mengingat mereka adalah orang terdekat yang paham betul akan kondisi para lansia dan kerapkali diajak berdiskusi oleh para lansia. “Oleh karenanya saya menghimbau hendaknya saudara saudara yang memiliki lansia ataupun yang seringkali menjadi panutan para lansia mengajak dan memfasilitasi lansia untuk memperoleh vaksinasi COVID-19 sebagai salah satu bentuk rasa kasih dan bakti kita pada mereka.”

Pada GVL kali ini diadakan di RSUD Otto Iskandar Dinata, Soreang Kabupaten Bandung, yang dikoordinasikan oleh Direktorat Kesehatan Keluarga Ditjen Kesmas bekerja sama dengan RSUD, Dinkes Kabupaten Bandung, dan dukungan dari  Traveloka selaku pihak swasta yang menyediakan fasilitas antar jemput Lansia untuk mengikuti GVL tersebut.

Pada kesempatan tersebut Plt. Dirjen Kesmas bersama Menkes menyerahkan buku Kesehatan Lanjut Usia sebagai buku panduan bagi Lansia untuk dapat hidup produktif dan sehat. (Erl)