Loading...

Kementerian Kesehatan RI bersama Yayasan Enesis Indonesia Luncurkan Mobil Edukasi Dengue



Jakarta - Selain Covid-19 yang masih harus dihadapi di seluruh dunia, salah satu permasalah kesehatan yang belum tuntas sejak dulu, masih menjadi tantangan dan harus dihadapi Indonesia adalah Virus Dengue. Kasus Dengue terus meningkat terutama saat musim hujan, hingga minggu ke-23 di 2022 secara kumulatif terlaporkan ada 52.313 kasus dan 488 kematian karena DBD. Data ini terlaporkan dari 451 kabupaten/kota di 34 provinsi.

Dengan satu tujuan yang sama yaitu mewujudkan Indonesia yang bebas dengue, Kementerian Kesehatan RI bersama dengan Yayasan Enesis Indonesia dan Kompas.com menginisiasi Mobil Edukasi Keliling “Wujudkan Indonesia  Bebas Dengue”. Mobil edukasi ini akan berkeliling menyasar lebih dari 100 titik di Indonesia untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang PHBS dan Pencegahan Dengue dengan pemberantasan sarang nyamuk melalui 3M Plus. Pada tahap awal, mobil edukasi ini akan menyasar sekolah, pasar, RS, dan ibu-ibu PKK di beberapa kota seperti Malang, Yogya, Cirebon, dan Bandung.

Dalam sambutannya pada acara Seremonial Pelepasan Mobil Edukasi Keliling “Wujudkan Indonesia  Bebas Dengue” di gedung Kemenkes (5/7), Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono menyampaikan, “Perlu diupayakan bahwa kesadaran terhadap masyarakat untuk mencegah terjadinya demam berdarah ini menjadi salah satu yang sangat penting. Kementerian Kesehatan dalam hal ini tidak bisa turun sendiri secara eksklusif untuk mengatasi demam berdarah karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat.”

Senada dengan yang disampaikan Wamenkes, di kesempatan yang sama Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis Group Ryan Tirta Yudhistira juga menyampaikan bahwa perlu kerjasama berbagai pihak untuk mencegah penyebaran virus degue di Indonesia, “Edukasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk mencegah penyebaran penyakit dengue bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah, tetapi tugas kita semua. Maka dari Enesis mewujudkannya dengan program mobil edukasi keliling.”

Kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye untuk peringatan Asean Dengue Day hingga nanti puncaknya di peringatan Hari Nyamuk Sedunia pada bulan Agustus 2022. (ma)

Video Pelepasan Mobil Edukasi Keliling