Loading...

Mengenal 5 Gejala Hepatitis Akut


Jakarta - Kondisi dunia yang saat ini masih diselimuti oleh pandemi Covid-19, harus kembali mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) berupa Hepatitis Akut. Kondisi Hepatitis Akut ini pertama kali ditemukan di Inggris pada tanggal 5 April 2022  dan dikabarkan telah memasuki Indonesia. Hal ini diperkuat dengan meninggalnya tiga anak di Indonesia yang diakibatkan oleh infeksi penyakit hepatitis akut. Penyebab dari penyakit tersebut saat ini masih belum diketahui secara pasti.

Menanggapi kondisi demikian, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengambil langkah cepat untuk melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari penyakit ini.

Pada keterangannya mengenai penyakit Hepatitis Akut pada anak ini, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A, selaku dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FKUI menyatakan bahwa dugaan sementara, penyakit ini disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dll yang menyerang saluran cerna dan pernafasan dari pasien yang terinfeksi.

Sebagai salah satu bentuk preventif dari penanganan penyakit Hepatitis Akut ini, terdapat beberapa gejala penyakit yang dapat segera diantisipasi oleh orang tua, agar meminimalisir kemungkinan terburuk akibat paparan hepatitis akut ini, diantaranya adalah :

  1. Mual/muntah

  2. Diare berat

  3. Muntah

  4. Urine berwarna pekat

  5. BAB berwarna putih pucat.

Dengan memahami beberapa gejala penyakit Hepatitis Akut diatas, diharapkan masyarakat jauh lebih siap dan bisa melakukan pemeriksaan sedini mungkin ke fasilitas kesehatan terdekat, agar proses diagnosis, penanganan, hingga penyembuhan dapat segera dilakukan sesuai dengan prosedur.

Para orang tua juga diharapkan lebih meningkatkan kewaspadaan dan memberikan pengawasan kepada putra dan putrinya. Apabila anak sakit dengan berbagai gejala di atas, segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu hingga anak kehilangan kesadaran maupun kejang.

Lakukan tindakan pencegahan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, serta menghindari kontak dengan orang sakit untuk meminimalisir kemungkinan paparan dari penyakit Hepatitis Akut.

Editor: Astasari
          Mutiara Mutia Rani