Loading...

Pastikan Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Prioritas, Dirjen Kesmas Kunjungi Provinsi Aceh



Aceh - Ada beberapa upaya yang dilakukan Kementerian Kesehatan untuk mewujudkan percepatan penurunan stunting. Upaya-upaya ini kemudian dituangkan kedalam beberapa program percepatan penurunan stunting yang ditujukan mulai dari usia remaja putri, ibu hamil, ibu melahirkan, hingga balita.

Di Indonesia sendiri tren stunting terus turun namun perlu percepatan hingga 3x lipat demi mencapai target stunting ke 14% di tahun 2024. Sampai saat ini terdapat 12 provinsi prioritas dengan prevalensi stunting paling tinggi, salah satunya di Provinsi Aceh.

Pada Rabu dan Kamis lalu (21-22/9) Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat melakukan kunjungan ke salah satu provinsi prioritas percepatan penurunan stunting, Provinsi Aceh. Dirjen Kesmas mengunjungi Puskesmas Blang Bintang, Aceh Besar (21/09). Selain melihat lihat kesiapan tiap ruangan yang ada di Puskesmas, beliau juga berdiskusi dan mengapresiasi para petugas di Puskesmas terkait capaian program dan kendala yang ditemui di lapangan saat bertugas. Beliau meminta kepada petugas KIA dan Gizi juga para bidan desa untuk memberi perhatian khusus pada ibu hamil anemia dan ibu hamil Kurang Energi Kronik (KEK). Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mencegah anak lahir stunting. Dirjen Kesmas juga menekankan pentingnya petugas di lapangan untuk mengisi buku KIA secara lengkap dan benar. "Buku KIA atau yang dikenal dengan buku pink ini, walaupun nampak sederhana tapi sebenarnya buku ini disusun oleh para ahli dibidangnya, isinya sangat lengkap terkait kesehatan ibu dan anak. Petugas saat dilapangan untuk mengisi buku KIA secara lengkap dan benar, agar tumbuh kembang anak dapat terpantau dengan optimal", jelasnya kepada para petugas Puskesmas.

Melanjutkan agendanya di Provinsi Aceh, Dirjen Kesmas hadir dan membuka Pertemuan Pendampingan Terpadu Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Aceh (22/09). Acara tersebut juga dihadiri oleh Pj. Gubernur Aceh, beliau mengajak para pemangku kebijakan lintas sektor untuk bersama terlibat dan memberi dukungan penuh pada upaya penurunan stunting yang saat ini sedang digencarkan oleh Pemerintah. Pendampingan terpadu ini dilakukan oleh kementerian/lembaga yang terkait penanganan Stunting kepada 3 kabupaten lokus Stunting di Aceh yaitu Aceh Utara, Aceh Timur dan Kabupaten Gayo Lues.

“Setelah pendampingan di tiga kabupaten tersebut berhasil kita akan melakukan untuk seluruh kabupaten/kota lainnya,” jelas Dirjen Kesmas. (ma)