Loading...

Penghargaan Mitra Bakti Husada Wujud Bekerja dan Pekerja Sehat



Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Kesehatan Kerja (Kesjaor) memberikan Penghargaan Mitra Bakti Husada kepada perusahaan dan institusi yang menerapkan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) dan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3), Senin, (29/11) di aula Siwabessy Gedung Sujudi Kementerian Kesehatan, Jakarta. Acara dihadiri oleh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten, serta perwakilan pimpinan perusahaan yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Dalam sambutannya Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat, Kartini Rustandi menginformasikan, bahwa Penghargaan mitra bakti husada merupakan apresiasi dari Kementerian Kesehatan kepada mitra yang telah berperan dalam memberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja pada pekerja. Penghargaan ini juga sebagai bagian rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, dalam meningkatkan perlindungan pekerja melalui GP2SP dan implementasi K3 perkantoran, serta penerapan protokol kesehatan.

Proses penilaian GP2SP cukup panjang dan didapatkan 22 perusahaan dari 9 Provinsi, 19 Kabupaten. Penghargaan untuk GP2SP kepada 15 perusahaan (perkebunan, garmen, dan perindustrian).

1. PT Riau Sakti United Plantations

2. PT Hindoli Cargill

3.PT Pepper Tree Investama

4. PT Pamapersada Nusantara

5. PT Leetex Garment Indonesia

6. PT Yamaha Music Manufacturing Asia

7. PT Herlinah Cipta Utama

8. PT Chang Shin Indonesia

9. PT Zebra Asaba Industries

10. PT Glostar Indonesia 2

11. PT GarudaFood Putra Putri Jaya Tbk

12. PT Hwa Seung Indonesia

13. PT Eco Smart Garment Indonesia-Klego

14. PT Jatim Autocomp Indonesia

15. PT Parkland World Indonesia 2

Penghargaan untuk K3 perkantoran dan penerapan protokol kesehatan diberikan kepada 12 perusahaan dengan tiga kategori, antara lain ;

A. Kategori Tempat Kerja Perkantoran Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD
1. PT MRT Jakarta
2. PT Jakarta Propertindo
3. PT Timah Tbk
4. PT Bank Danamon Indonesia
5. PT Petrosea Tbk
6. PT Elnusa Petrofin

B. Kategori Tempat Kerja Perkantoran, Organisasi Perangkat Daerah Tingkat 1
1. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi D.I Yogyakarta
2. Dinas Tenaga Kerja transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta
3. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

C. Kategori Tempat Kerja Perkantoran, Organisasi Perangkat Daerah Tingkat 2
1. Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah
2. Diberikan penghargaan juga kepada 27 institusi sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan yang telah berupaya melaksanakan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif dan K3 perkantoran dalam pelaksanaan upaya keselamatan dan kesehatan kerja.
3. Penghargaan kepada 28 Dinas Kesehatan yang telah melakukan pembinaan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif kepada perusahaan di wilayah kerjanya.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada pemenang lomba Asean Fun Aerobic Dance Competition (AFADC). Lomba tari ini merupakan lomba kreasi gerakan senam tingkat Asia Tenggara dengan diikuti peserta dari negara-negara di ASEAN. AFADC diadakan untuk mempromosikan gaya hidup sehat melalui aktivitas fisik dikawasan ASEAN. Diikuti oleh 27 tim peserta, 20 peserta dari Indonesia, 5 peserta dari Thailand, dan 2 peserta dari Malaysia. Pada 30 Oktober 2021 hasil penjurian menyatakan juara 1 hingga juara 3 semuanya dimenangkan oleh peserta dari Indonesia.

1. pemenang ke-1 dan sekaligus pemenang kategori pilihan masyarakat adalah Aerobik “SAT Kerthi for all” dari Bali.

  2. pemenang ke-2 “wonderful South Asia” dari Yogyakarta

  3. pemenang ke-3 “Traditional Asian Culture” dari Jawa Barat

“kesehatan dari para pekerja ini menjadi penting, karena mereka yang mendukung (perusahaan) dalam produksi ataupun semua sistem kerja dalam (perusahaan)” Plt. Dirjen Kesmas mengingatkan. (Erl)