Loading...

Peringatan Hari Aktivitas Fisik Sedunia Jadi Momentum Pembudayaan Aktivitas Fisik di Masyarakat



Jakarta - Dalam rangka Hari Aktivitas Fisik Sedunia yang diperingati setiap tanggal 6 April, Direktorat Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia (UPL) memperingatinya melalui rangkaian acara yang bertujuan meningkatkan literasi masyarakat akan pentingnya melakukan aktivitas fisik dikaitkan dengan kondisi pandemi dan bulan Ramadan. Pada Jumat, 8 April 2022 telah dilaksanakan acara puncak Peringatan Hari Aktivitas Fisik Sedunia tahun ini yaitu Webinar “Weight Lost Sehat dengan Aktivitas Fisik Selama Bulan Puasa” dan pengumuman pemenang ajang Virtual Sport.

Dari bulan Maret hingga April kemarin telah dilaksanakan ajang Virtual Sport yang diikuti 1.780 peserta dari 34 provinsi. Ajang tersebut bertujuan untuk membudayakan aktivitas fisik masyarakat melalui kegiatan berjalan, berlari dan bersepeda serta meningkatkan peran masyarakat untuk mendukung pembudayaan aktivitas fisik. Dari Virtual Sport tersebut tercapai 13.922.260 total langkah pada kategori berjalan, pada kategori lari A dan B akumulasi perolehan jarak yang ditempuh sebanyak 38.675 km setara dengan 7,2 kali jarak Sabang - Merauke, pada kategori bersepeda akumulasi perolehan jarak ditempuh sebanyak 50.854 km setara dengan 9,5 kali jarak Sabang - Merauke.

Dalam sambutannya Direktur jenderal Kesehatan Masyarakat menyampaikan kegiatan aktivitas fisik yang dilakukan secara baik, benar, terukur dan teratur dapat menciptakan kondisi Kesehatan, kebugaran dan akhirnya dapat meningkatkan produktivitas pekerja, prestasi belajar bagi anak sekolah dan kemandirian bagi lanjut usia.

Harapannya kegiatan ini dapat bermanfaat dalam upaya pembinaan kebugaran jasmani melalui program aktivitas fisik yang menyenangkan melalui pengenalan SIPGAR Game. Aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode Rockport. Aplikasi ini dapat diunduh di platform Playstore, sehingga semakin mudah digunakan untuk olahraga di mana pun dan kapan pun.

''Sekarang sudah ada SIPGAR GAME, yakni permainan yang berisi gerakan-gerakan olahraga yang bisa diikuti pengguna. Melalui cara ini aktivitas fisik jadi lebih menyenangkan,'' ujarnya.

Dirjen Endang berharap melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan Hari Aktivitas Fisik sedunia seperti lomba virtual sport, webinar aktivitas fisik selama puasa serta pengukuran kebugaran tubuh melalui aplikasi SIPGAR bisa mengurangi waktu sedentari dan semakin membudayakan aktivitas fisik kepada masyarakat luas.

Perilaku sedentari merupakan gaya hidup yang mengarah pada aktivitas fisik yang rendah dimana kegiatan yang dilakukan hanya mengeluarkan sedikit kalori. Contohnya duduk atau berbaring terlalu lama, bepergian menggunakan kendaraan padahal jaraknya dekat, dan kurang olahraga.

Pada acara puncak Peringatan Hari Aktivitas Fisik Sedunia tersebut diumumkan pemenang Virtual Sport dan pemberian hadiah secara simbolis pada perwakilan pemenang dari tiap kategori. Acara dilanjutkan webinar yang dimoderatori oleh dr. Haekal Anshari, M.Biomed dengan narasumber pertama dr. Andhika Respati, SpKO - Olahraga aman di bulan puasa dan narasumber kedua dr. Louise Kartika, SpGK - Weightloss aman di bulan puasa dan narasumber terakhir Coach Yazid.(ma)