Loading...

Pesan Sekjen, BKOM Harus Menjadi Center of Excellent Olahraga di Indonesia



Bandung – Dalam rangka kunjungan kerja sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan yang baru menjabat sejak 9 Agustus 2021, Sekjen Kunta Wibawa Dasa Nugraha meninjau fasilitas Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Bandung yang berlokasi di Jl. Kawaluyaan No. 45, Jatisari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, pada Jumat (24/9).

BKOM merupakan unit Kemenkes pertama yang dikunjungi Kunta Wibawa Dasa Nugraha sejak dirinya menjabat sebagai Sekjen Kemenkes. Dalam kesempatan tersebut Sekjen didampingi oleh Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat Kartini Rustandi dan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkes Murti Utami.

“BKOM harus menjadi center of excellent olahraga di Indonesia dan memunculkan banyak inovasi, (dan juga) kreatif khususnya lewat media sosial."

Hal tersebut disampaikan oleh Kunta kepada Kepala BKOM, Linda Siti Rohaeti dan seluruh jajaran BKOM, yang disampaikannya dalam acara bincang santai usai melaksanakan sholat Jumat di BKOM.

Kunta juga berpesan “BKOM harus memperkuat pelayanan penelitian dan pelatihan. Outputnya jadi orang-orang tahu kalau tips olahraga yang baik itu rujukannya ke BKOM.”

Hal tersebut menjadi tantangan baru dan mengharuskan BKOM menjadi rekomendasi fasilitas olahraga utama bagi masyarakat. Kunta juga meminta BKOM tidak hanya ada di Bandung tapi juga ada di wilayah lain di Indonesia.

Senada dengan Sekjen Kunta, Irjen Kemenkes Murti Utami memberi saran, agar BKOM dibuka seluas-luasnya di daerah lain. “Jangan hanya Jawa Barat tapi buka seluas-luasnya. Pengukuran kebugaran yang dilakukan BKOM dapat juga diterapkan di Puskesmas-puskesmas di Indonesia dalam hal penguatan promotif preventif,” katanya. Menurutnya kebugaran ini bisa diangkat jadi isu nasional, jadi bukan hanya sehat saja tapi juga bugar harus ada dalam diri semua orang.

BKOM adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. Mempunyai tugas melaksanakan pelayanan dan fasilitasi, pelatihan, penelitian, dan peningkatan kemitraan serta sosialisasi dibidang kesehatan olahraga yang bersifat promotif dan preventif. (Erl)