Loading...

Posyandu Bisa menghadapi Tantangan Zaman Era Digital dan Modernisasi


Jakarta - Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya Kesehatan bersumberdaya masyarakat yang saat ini telah menjadi Lembaga Kemasyarakatan Desa atau Kelurahan. Keberadaan Posyandu hingga saat ini menjadi salah satu fasilitas promotif preventif bagi kesehatan ibu dan anak. 

Kementerian Kesehatan RI menggelar Seminar Hari Posyandu dan Launching logo Posyandu dengan mengangkat tema “Modernisasi Posyandu” dan “Launching Logo Posyandu”, dengan tagline ”Keluarga Berkualitas, Posyandu Sahabat Masyarakat”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembinaan serta dukungan lintas sektor dengan brand atau citra baru masa kini, sehingga dapat menumbuhkan motivasi masyarakat untuk memanfaatkan layanan di Posyandu secara Optimal. Acara ini dihadiri oleh Bappenas, Kemendes PDTT, Kemendagri, BKKBN, Kepala Desa Terpilih, Kepala Lurah Terpilih, pada Kamis (29/4). 

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, membuka sambutan resmi melalui tayangan video dan dilanjutkan dengan sambutan dari Menteri Dalam Negeri diwakilkan oleh Dirjen Bina Pemerintahan desa dan Menko PMK yang juga diwakilkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan. 

Dalam sambutannya, Menkes menuturkan bahwa “Dengan keaktifan masyarakat untuk datang dan memanfaatkan pelayanan kesehatan di Posyandu, dapat mencegah dan mendeteksi sedini mungkin gangguan pada bayi dan Balita”. 

Pada kesempatan yang sama Menkes juga menyampaikan, Posyandu kekinian dapat melakukan surveilans kesehatan berbasis masyarakat, yaitu pengamatan atau pemantauan secara terus-menerus terhadap penyebab terjadinya masalah kesehatan di wilayahnya hingga teridentifikasi penyebab terjadinya masalah kesehatan. 

Dilanjutkan sesi seminar dengan para narasumber yang dihadiri oleh, Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat (Kemenkes), Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat (Bappenas), Dirjen Bina Pemerintahan Desa (Kemendagri), Deputi KBKR (BKKBN), Plt. Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan (Kemendes PDTT), Kepala Desa Terpilih, dan Kepala Lurah Terpilih. 

Dalam paparannya Plt. Dirjen Kesmas, drg. Kartini Rustandi mengatakan, “Posyandu merupakan hal yang penting, sudah bersama-sama dengan kita sejak lama, posyandu berada di hati orang Indonesia, kita perlu membangun posyandu bisa menghadapi tantangan zaman era digital dan modernisasi agar posyandu tetap eksis membina tunas-tunas bangsa menuju generasi emas”. (vr)

video liputan