Loading...

Puskesmas Expo 2022 Kemenkes Ingin Seluruh Masyarakat Mendapatkan Layanan Primer yang Terstandar


Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Puskesmas Expo, 23-24 Juni 2022, di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta. Acara yang dihadiri tenaga Kesehatan se-Indonesia tersebut ditujukan untuk percepatan pembangunan layanan Kesehatan di Indonesia berbasis preventif/pencegahan dari sakit.

Mewakili Menteri Kesehatan, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat hadir untuk memberikan keynotespeach.

Bahwa saat ini Indonesia belum dapat mencapai Standar Pelayanan Minimal (SPM) 100%. Oleh karenanya, Kementerian Kesehatan berkomitmen melakukan transformasi sistem Kesehatan, yaitu transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan Kesehatan, transformasi sistem pembiayaan Kesehatan, transformasi SDM Kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

 Untuk transformasi layanan primer membuktikan bahwa investasi di layanan preventif memberikan hasil yang lebih baik dan cost effective. Contohnya penanganan penyakit lebih dini, maka biaya penanganannya lebih murah, dibandingkan jika harus ditangani di layanan rujukan. Seperti contonhya adalah pandemi Covid-19 jika dapat melakukan pencegahan dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak, dapat mencegah diri dari terkena penyakit Covid-19, dibandingkan harus dirawat di RS yang membutuhkan ICU dan antiviral yang mahal biayanya. Ujar Maria Endang Sumiwi.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa, Kementerian Kesehatan akan membangun puskesmas hingga 2024 guna memenuhi kebutuhan layanan primer di 191 kecamatan yang tidak memiliki Puskesmas. Hal ini sebagai bentuk penguatan transformasi layanan primer dengan sistem pelayanan yang terstandarisasi. Sehingga seluruh wilayah dan kondisi Kesehatan penduduk termonitor secara berkala.

Dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat menyampaikan harapannya agar kegiatan Puskesmas Expo ini dapat menjadi ajang pembelajaran praktik yang baik dari puskesmas di wliayah lain di Indonesia, saling mendukung untuk pelaksanaan transformasi layanan primer, dan memperkuat penerapan integrasi pelayanan Kesehatan primer Bersama jejaringnya. “karena kita memiliki peran yang penting untuk memastikan bahwa generasi berikutnya sehat, berpendidikan, dan produktif.” Menutup sambutan dan arahannya. (Erl)