Loading...

Setetes Darah Untuk Sejuta Kehidupan



Jakarta - Bagi manusia, darah yang aman untuk transfusi merupakan aspek penting dalam pelayanan kesehatan. Darah tersebut dapat menyelamatkan jutaan nyawa dan mingkatkan status kesehatan pasian setiap harinya. Berdasarkan data laporan UTD tahun 2020, di Indonesia produksi kantung darah sebanyak 12.373.503 kantung. Kebutuhan ini setiap tahun semakin meningkat. 

Kementerian Kesehatan, Lions International dan Palang Merah Indonesia bekerjasama dalam kegiatan “Sosialisasi Donor Darah Masal Serentak di Berbagai Daerah di Indonesia” dalam rangka Hari Lions yang ke-52 serta Hari Kesehatan Nasional ke-57 dengan tema “Setetes Darah Untuk Sejuta Kehidupan” (13/11). Kegiatan donor masal ini berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 13-14 November 2021 yang berlokasi di Thamrin City Jakarta. 

Hadir dalam acara ini Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Ekonomi Kesehatan dr. H.M. Subuh, MPPM mewakili Menteri Kesehatan RI, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Ketua Dewan Gubernur Perkumpulan Lions Indonesia MD 307, Ketua PMI DKI Jakarta, dan CEO Thamrin City. 

“Darah bagi manusia adalah urat nadi bagi kehidupan, sudah saatnya kita bisa membuka diri memberikan edukasi kepada masyarakat untuk siap dalam memberikan suatu kontribusi dalam bentuk darah di Indonesia ini”, ujar dr. H.M. Subuh. 

Sebanyak 5.200 target kantung darah yang dikumpulkan dalam kegiatan ini. Besar harapan dapat membantu berbagai pihak yang membutuhkan, menyelematkan nyawa, dan  sekaligus menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama sekalipun dimasa pandemi.



Mengakhiri sambutannya dr. H.M. Subuh terus mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5M: Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilitas dan interaksi untuk memutus rantai penularan Covid-19.(vn)