Loading...

Talkshow Peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 Aksi Bersama Cegah Stunting


Jakarta – Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang diperingati setiap 25 Januari pada tahun 2022 ini HGN memasuki usianya yang ke-62.

Peringatan HGN ke-62 diperingati dengan acara “Talkshow dalam rangka Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke-62” dengan mengangkat tema “Aksi Bersama Cegah Stunting.” Dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi momentum penting untuk bersama meningkatkan kerja sama dan kolaborasi berbagai pihak sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Hasil survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 menunjukan progres yang positif terkait prevalensi balita stunting yang mengalami penurunan dari 27,7% (2019) menjadi 24,4% (2021) atau mengalami rerata penurunan sekitar 1,6% pertahun. Untuk mencapai target prevalensi balita stunting menjadi 14% pada 2024, maka angka penurunan tersebut masih belum mencapai target rerata yang ditargetkan yaitu 3% pertahun.

Upaya percepatan penurunan stunting dilakukan melalui intervensi spesifik dan sensitif yang terintegrasi. Dalam bidang intervensi spesifik, dilakukan upaya melalui pendekatan dengan mengidentifikasi permasalahan pada kelompok sasaran prioritas 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), mulai dari ibu hamil, bayi, dan anak usia di bawah 2 tahun dan juga remaja, yang terbukti efektif dan efisien keberhasilannya.

Rekomendasi intervensi gizi yang diberikan termasuk pemberian suplementasi gizi untuk ibu hamil dan remaja putri.pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak secara rutin di posyandu, serta promosi pemberian makan bayi dan ank, dengan prioritas pada pemberian Inisiasi Menyusu Dini, ASI Eksklusif selama 6 bulan dengan meningkatkan asupan protein hewani, misalnya dengan memberikan 1 telur setiap hari.

Dalam sambutannya Plt. Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Murti Utami menyampaikan bahwa “pada Talkshow Hari Gizi Nasional dengan tema Aksi Bersama Cegah Stunting, dapat menjadi event yang strategis dan penting pada masa pandemic Covid-19 untuk meningkatkan komitmen dan mempererat kerja sama seluruh elemen bangsa untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui perbaikan gizi masyarakat.”

Talkshow menghadirkan 3 narasumber, Pungkas Bahjuri Ali, S.TP, MS, Ph.D, Direktur Kesehatan dan gizi masyarakat Bappenas. Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, Guru besar Ilmu Gizi FEMA IPB University. Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz, MPH, RD, Dosen FKKMK UGM. (Erl)