Loading...

Unduhan


PP 33 No 2012 Pemberian Asi Ekslusif

Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif;

Manajemen BBLR Untuk Bidan di Desa

Peningkatan pengetahuan dan keterampilan petugas kesehatan merupakan upaya strategi dalam pencapaian penurunan angka kematian bayi, salah satunya dengan kegiatan pelatihan program neonatal pada tingkat desa sampai rumah sakit

Buku Panduan Pelatih Manajemen BBLR Untuk Bidan dan Perawat

Angka kejadian dan angka kematian BBLR akibat komplikasi seperti Asfiksia, Infeksi, Hipotermia, Hiperbilirubinemia masih tinggi, didiharapkan Bidan terutama Bidan di Desa sebagai ujung tombak pelayanan yang mungkin menjumpai kasus BBLR memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan kompetensi dan fasilitas yang tersedia. Bidan dan perawat yang terampil dan kompeten dalam manajemen BBLR diharapkan dapat menangani kasus BBLR dengan baik dan benar, serta dapat menyebarkan pengetahuannya kepada keluarga mengenai penanganan BBLR menggunakan cara yang mudah dan sederhana.

Pidato Menkes RI

Pidato Menteri Kesehatan RI pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-48 tanggal 12 Nopember 2012

Sur at Untuk Ketua Umum TP-PKK, Mendagri dan Kadinkes Provinsi


Sur at Untuk Ketua Umum TP-PKK


Surat Untuk Menteri Dalam Negeri


Surat Edaran Untuk Kepala Dinas Kesehatan


Buku Panduan Pelatih manajemen Asfiksia BBL untuk Bidan

Penyebab terbanyak kematian neonatal tersebut adalah Asfiksia bayi baru lahir, prematuritas/bayi berat lahir rendah, dan infeksi. Data SDKI 2007 menunjukan 52,7% persalinan terjadi di rumah, dan bidan sebagai penolong persalinan di lini terdepan akan sering menjumpai kasus asfiksia atau masalah bayi baru lahir lainnya. Sehingga bidan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang resusitaasi bayi baru lahir dan penanganan neonatus sakit, yang sangat penting dalam upaya penurunan Angka Kematian Bayi.

presentasi HKN 48