Ayo Cuci Tangan Pakai Sabun, Tangan Yang Bersih Menyelamatkan Nyawa Dari Ancaman Covid 19

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 16 Oktober 2020, Dibaca : 53 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan RI melaksanakan Webinar Kampanye Nasional Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia pada Kamis (15/10). Webinar ini digelar dengan dua serial yang disiarkan secara virtual melalui Zoom dan Youtube.

 

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes, dr.Kirana Pritasari,MQIH dalam sambutannya mengatakan, kampanye nasional kali ini berupa Seruan Aksi Nasional dengan mengusung tema “Tangan Bersih untuk Semua” dengan tujuan mengidentifikasi tantangan dan kendala dalam implementasi regulasi terkait promosi/fasilitasi CTPS di Ruang Lingkup Kerja Kementerian, para Mitra/Vendor dan para Pemangku Kepentingan.

 

Berbeda dari tahun sebelumnya, peringatan Hari Cuci Tangan Na

Selengkapnya

Tim Task Force Kemenkes Apresiasi Upaya RSUD Merauke Dalam Penanganan Pasien COVID-19

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 09 Oktober 2020, Dibaca : 45 Kali

Merauke - Tim Task Force penanganan COVID-19 wilayah Papua melanjutkan kunjungan kerja hari kedua ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke pada Rabu (7/10/2020).

 
Tim Kemenkes RI melakukan pertemuan dengan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke, dr. Yenny Mahuze.
 
Didampingi oleh dr. Neville Muskita selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Kepala Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III Merauke, dr. Bambang Budiman, Kabid Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan Provinsi Papua, Lesman Tabuni, Direktur Poltekkes Kemenkes Jayapura, dr. Arwan Hermanus Markus, dan Kepala Program studi D-3 Keperawatan Merauke Emanuel, pihak Kemenkes RI menjelaskan bahwa kedatangan tim Task Force untuk
Selengkapnya

Menkes Melantik 10 Pejabat Administrasi di Lingkungan Ditjen Kesmas

Dipublikasikan Pada : Kamis, 24 September 2020, Dibaca : 238 Kali

Jakarta (24/9) Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Administrasi, Pejabat Fungsional dan Pengukuhan Dewan Pengawas Rumah Sakit di lingkungan Kementerian Kesehatan. Sepuluh orang Pejabat Administrasi di lingkungan Ditjen Kesehatan Mayarakat turut dilantik pada kesempatan ini.

 

Selamat atas pelantikan, serta selamat bekerja dan berkarya kepada:

  1.       Achmad Prihatna, SH, SKM, MKM sebagai Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum Setditjen Kesmas
  2.       dr . Irawan Panca Wiraseno, MKM sebagai Kepala Subbagian Program, Setditjen Kesmas
  3.       Tiodora Sidabutar, SKM, MPH sebagai Kepala Subbagian Anggaran, Setditjen Kesmas
  4.       Edi Priyono, SKM,
Selengkapnya

Teleconference Bersama Menkes Untuk Peningkatan Kesehatan Lansia

Dipublikasikan Pada : Rabu, 23 September 2020, Dibaca : 105 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Teleconference “Dialog Bersama Menteri Kesehatan Untuk Peningkatan Kesehatan Lansia” dalam rangka Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2020 pada hari Rabu, tanggal 23 September 2020

 

Salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada lanjut usia adalah adanya pencanangan tanggal 29 Mei sebagai Hari Lansia Nasional (HLUN), yang dapat digunakan sebagai momen kampanye untuk meningkatkan perhatian, kesadaran dan kepedulian masyarakat dan para pemangku kepentingan terhadap kesehatan para Lanjut usia (Lansia).

 

Sejak awal tahun 2020, Indonesia menghadapi pandemi global COVID-19 dan Lansia merupakan kelompok yang berisiko tinggi ter

Selengkapnya

Webinar Nasional Kesehatan Lanjut Usia Nasional Tahun 2020

Dipublikasikan Pada : Selasa, 22 September 2020, Dibaca : 207 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan  mengadakan Web SeminarNasionalKesehatan Lanjut Usia dalam rangka Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2020 dengan topik “Meningkatkan Kualitas Hidup Lanjut Usia Melalui Perawatan Jangka Panjang Dan Pemberdayaan Potensi Lansia” pada hari Selasa, tanggal 22 September 2020.

 

Acara Webinar ini dibuka secara resmi oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, melalui tayangan video, sekaligus juga peluncuran RAN Kesehatan Lanjut Usia Tahun 2020-2024. Dalam kata sambutannya Menteri Kesehatan, Terawan menuturkan bahwa tema Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2020 adalah “Negara Hadir untuk Lanjut Usia”, dengan subtema bidang kesehatan: “Kel

Selengkapnya

Kesmas Turut Serta Kampanye Nasional Disiplin Pakai Masker

Dipublikasikan Pada : Senin, 31 Agustus 2020, Dibaca : 206 Kali

Jakarta - Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI turut serta dalam pencanangan kampanye nasional Disiplin Pakai Masker di Gelora Bung Karno, Minggu (30/8). Kampanye ini merupakan kampanye nasional bertahap yang diinstruksikan oleh Presiden RI untuk terhindar dari penularan Covid-19, diantaranya adalah Kampanye Disiplin Pakai Masker, Mencuci tangan pakai sabun, dan Menjaga jarak.

 

Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara BNPB Selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Kemenko Prekonomian, Kemenpora, dan Kementerian Kesehatan, serta dihadiri oleh atlit nasional antara lain Atlit Basket Nasional Faisal Julius Ahmad, Atlit Jetski Nasional Aqsa Aswar, dan pela

Selengkapnya

Kampanye Disiplin Pakai Masker di Stasiun KRL

Dipublikasikan Pada : Kamis, 27 Agustus 2020, Dibaca : 143 Kali

Jakarta - Masih dalam rangkaian kampanye Gerakan Disiplin Pakai Masker untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang semakin masif, maka Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI kembali mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengkampanyekan Gerakan Disiplin Pakai Masker. Yang kali ini dilaksanakan di stasiun-stasiun KRL di wilayah Jabodebek.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 27 Agustus 2020 dipusatkan di stasiun KRL Tebet yang merupakan stasiun padat penumpang terutama disaat jam berangkat kerja. Pada lokasi tersebut Ibu Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH didampingi oleh dr. Reisa Broto Asmoro selaku Tim Komunikasi Publik Satgas

Selengkapnya

Kemenkes Bagikan 1 Juta Masker

Dipublikasikan Pada : Kamis, 27 Agustus 2020, Dibaca : 175 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan hari ini, Kamis (27/8) membagikan masker sebanyak 1 juta pcs. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kampanye menggunakan masker di era Adaptasi Kebiasaan Baru untuk menghindari penularan COVID-19.

 

Secara keseluruhan berjumlah 25 juta masker akan dibagi secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia terutama di 8 provinsi prioritas penanganan COVID-19, yakni DKI, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Utara.

 

Kampanye ini dilakukan bertahap, tahap pertama adalah kampanye pakai masker, tahap kedua adalah kampanye cuci tangan pakai sabun, tahap ketiga kampanye jaga jarak.

 

Kegiatan yang sama

Selengkapnya

Kampanye Disiplin Pakai Masker di Pasar

Dipublikasikan Pada : Selasa, 25 Agustus 2020, Dibaca : 162 Kali

Jakarta - Sebagai bentuk dukungan atas instruksi Presiden untuk mengakampanyekan Gerakan Disiplin Pakai Masker dalam rangka mencegah penularan virus Covid-19 yang semakin masif, maka Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengkampanyekan Gerakan Disiplin Pakai Masker.

 

Ajakan tersebut dilakukan dengan membagikan 40.000 masker kain yang dibagikan kepada masyarakat luas disejumlah lokasi pasar, daerah Jabodetabek. Diantaranya pada Selasa, 25 Agustus 2020, masker tersebut telah dibagikan di Pasar Cisalak dan Pasar Depok Jaya Kota Depok. Juga pasar Kramat Jati dan pasar Rawamangun Jakarta, pada kesempat

Selengkapnya

Pelantikan Pejabat Fungsional Kesehatan dan Non Kesehatan 14/08/2020

Dipublikasikan Pada : Selasa, 18 Agustus 2020, Dibaca : 334 Kali

Melaksanakan instruksi Presiden dalam hal penataan birokrasi dari eselon ke fungsional, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan melaksanakan pelantikan pejabat fungsional tenaga Kesehatan dan non Kesehatan yang ada di lingkungan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. Pelantikan dilaksanakan pada Jumat, 14/08/2020 di ruang 702 Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan.

            Pejabat fungsional yang dilantik sebanyak 7 orang, diantaranya adalah

  1. drg. Raden Adjeng Eryta Widhajani, MARS sebagai pejabat fungsional Arsiparis Ahli Madya
  2. drg. Dyah Ermayatri, DESS sebagai pejabat fungsional Perencana Ahli Madya
  3. Manumpak Sinaga, SE, MAP sebagai pejabat fungsional
Selengkapnya