Keluarga Sehat, Bugar dan Produktif

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 10 Juli 2020, Dibaca : 64 Kali  

Jakarta - “Keluarga menjadi bagian terpenting dalam kehidupan, menjadi tempat pendidikan pertama karakter dan kebiasaan seseorang. Hilangnya peran keluarga pada anak dapat menumbuhkan perilaku negatif yang akan terbawa sampai dewasa.” Ujar Ibu Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH yang diutarakannya pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional yang diadakan di Kementerian Kesehatan oleh Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga dengan mengadakan acara seminar secara daring atau webinar melalui aplikasi zoom, pada Kamis, 9 Juli 2020 pukul 10.00 – 12.00 WIB.

 

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII yang diperingati setiap tanggal 29 Juni ini, kali ini mengusung tema utama “Keluarga Beragama, Keluarga Berbudaya, Keluarga Produktif” menjadi momentum memperkuat ketahanan keluarga termasuk aspek produktivitas yang dipengaruhi status kesehatan dan kebugaran. Dan Kementerian Kesehatan ikut serta berpartisipasi dalam peringatan Harganas tersebut dengan melakukan penilaian Posyandu dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kesehatan dan kebugaran diperoleh dengan melakukan PHBS setiap hari, salah satunya dengan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari.

 

Acara webinar ini diisi oleh narasumber yang berkompeten seperti, dr. Erna Mulati, M.Sc, CMFM (Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan RI), Erlisman. S.Si, M.Si (Direktur Bina Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan, BKKBN), dr. Grace Joselini Corlesa, Sp.KO, MMRS (dokter spesialiskedokteran olahraga), dan sebagai moderatornya adalah Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, drg. Kartini Rustandi, M.Kes.

 

Dalam acara webinar ini juga diumumkan daftar pemenang dari kegiatan Covid-19 Family Challenge (yang terdiri dari 3 kategori, anak-anak, dewasa, dan Lansia) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas fisik dalam keluarga dimasa pandemic Covid-19. (Erl)