Membangun Komunikasi Publik Di Era Pandemi COVID-19

Dipublikasikan Pada : Kamis, 16 Juli 2020, Dibaca : 72 Kali  

Jakarta - Apakah dimasa Pandemi COVID-19 ini diperlukan suatu komunikasi publik untuk dapat menyampaikan pesan mengenai COVID-19? Jawabannya adalah sangat perlu. Setidaknya hal ini terjawab dari pertanyaan peserta webinar dan penjelasan para narasumber dari acara webinar “Membangun Komunikasi Publik Di Era Pandemi COVID-19” yang diselenggarakan oleh Bagian Hukormas, Setditjen Kesmas.

 

Webinar tersebut diadakan secara daring dengan menggunakan aplikasi webinar Zoom dan disiarkan langsung di Youtube Humas Kesmas. Acara yang diadakan pada Rabu (15/7) pukul 09.00 hingga 11.30 WIB ini diisi oleh narasumber yang mumpuni dan ahli dibidang komunikasi publik, bahkan sangat ditunggu-tunggu ilmunya oleh para peserta. Yaitu, dr. Achmad Yurianto (Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan COVID-19), dr. Abidinsyah Siregar, DHSM, M.Kes (Ahli Utama BKKBN) dan Risang Rimbatmaja (Praktisi Komunikasi), dengan moderator dr. Eni Gustina, MPH (Sekretaris Ditjen Kesmas, Kementerian Kesehatan RI) dan Sambutan dari dr. Kirana Pritasari, MQIH (Dirjen Kesmas, Kementerian Kesehatan RI).

 

Data yang diberikan oleh narasumber menyatakan bahwa pentingnya komunikasi publik di era pandemi COVID-19, antara lain untuk menangkal kesimpangsiuran berita/informasi, mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat, mengajak publik untuk siap menghadapi COVID-19, meningkatkan kepercayaan publik pada pemerintah, dan menimbulkan sikap dan perilaku masyarakat untuk mendukung penanganan COVID-19.

 

Acara ini diikuti oleh kurang lebih 600 peserta baik melalui aplikasi rapat daring zoom maupun dari kanal Youtube Humas Kesmas. Peserta sangat antusias mengikuti webinar ini terutama ingin menyaksikan lagsung Jubir Pemerintah untuk penanganan COVID-19 dr. Achmad Yurianto secara langsung (bukan melalui televisi) dan peserta juga mengharapkan agar Hukormas Kesmas dapat menyelanggarakan seri webinar menarik lainnya yang berhubungan dengan komunikasi publik di Era Pandemi COVID-19. (Erl)