Kampanye Disiplin Pakai Masker di Stasiun KRL

Dipublikasikan Pada : Kamis, 27 Agustus 2020, Dibaca : 89 Kali  

Jakarta - Masih dalam rangkaian kampanye Gerakan Disiplin Pakai Masker untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang semakin masif, maka Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI kembali mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengkampanyekan Gerakan Disiplin Pakai Masker. Yang kali ini dilaksanakan di stasiun-stasiun KRL di wilayah Jabodebek.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 27 Agustus 2020 dipusatkan di stasiun KRL Tebet yang merupakan stasiun padat penumpang terutama disaat jam berangkat kerja. Pada lokasi tersebut Ibu Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH didampingi oleh dr. Reisa Broto Asmoro selaku Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 hadir dan meresmikan Gerakan tersebut, serta terjun langsung ke lapangan untuk membagi-bagikan masker kepada penumpang KRL di stasiun Tebet.

 

Secara keseluruhan masker yang dibagikan secara nasional berjumlah 25 juta masker yang akan dibagikan secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia terutama di 8 Provinsi priorotas penanganan Covid-19, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Utara. Sebelumnya telah dibagikan masker di Wilayah Jabodetabek di 16 pasar pada Selasa (25/8), di 5 terminal bis besar pada Rabu-Kamis (26-27/8), dan di 10 Stasiun Besar pada Kamis (27/8).

 

Sementara itu pembagian masker di stasiun besar Jakarta Kota juga mendapatkan apresiasi yang besar dari para penumpang, penumpang antusias dan senang menerima masker dari Kementerian Kesehatan. Salah satunya adalah Erni Rohayati yang menyatakan bahwa penggunaan masker ini adalah sebagai bentuk sayang terhadap diri sendiri untuk terhindar dari penularan Covid-19, jadi kita semua harus selalu pakai masker. Demikian juga dengan Surono yang saling mengingatkan anggota keluarganya untuk selalu memakai masker saat bepergian, bahkan menurut dirinya masker itu sama seperti memakai helm saat menaiki motor, jika tidak memakai helm maka dirinya merasa tidak aman.

 

Selain membagikan masker tim juga memberikan edukasi kepada penumpang KRL untuk selalu memakai masker dan memakainya dengan benar tidak hanya di dalam KRL dan area stasiun saja, tapi juga di seluruh tempat saat aktifitas di luar rumah. Karena maskermu melindungiku dan maskerku melindungimu. Jangan kendor, dispilin pakai masker! (Erl)