Kesmas Turut Serta Kampanye Nasional Disiplin Pakai Masker

Dipublikasikan Pada : Senin, 31 Agustus 2020, Dibaca : 154 Kali  

Jakarta - Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI turut serta dalam pencanangan kampanye nasional Disiplin Pakai Masker di Gelora Bung Karno, Minggu (30/8). Kampanye ini merupakan kampanye nasional bertahap yang diinstruksikan oleh Presiden RI untuk terhindar dari penularan Covid-19, diantaranya adalah Kampanye Disiplin Pakai Masker, Mencuci tangan pakai sabun, dan Menjaga jarak.

 

Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara BNPB Selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Kemenko Prekonomian, Kemenpora, dan Kementerian Kesehatan, serta dihadiri oleh atlit nasional antara lain Atlit Basket Nasional Faisal Julius Ahmad, Atlit Jetski Nasional Aqsa Aswar, dan pelatih jetski Fully Aswar, serta tidak ketinggalan dr. Reisa Broto Asmoro selaku perwakilan Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 untuk bersama-sama mengkampanyekan Gerakan dispilin pakai masker.

 

Pada kesempatan tersebut Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH Bersama dengan dr. Reisa Broto Asmoro dan pebasket Nasional Faisal Julius Ahmad, juga Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes mengisi acara dengan kegiatan mengobrol santai dengan Dirjen Kesmas, yang dihadiri oleh masyarakat pengunjung GBK dan para blogger yang hadir khusus untuk turut serta mengkampanyekan Gerakan Dispilin Pakai Masker melalui edukasi berupa tulisan yang mereka tulis dan tayangkan di blog masing-masing untuk dibaca dan diikuti oleh pembaca setianya. Bu Dirjen mengatakan bahwa untuk komunitas emak blogger untuk dapat mengedukasi emak-emak agar dapat menjadi agen Gerakan Disiplin Pakai Masker di rumah, karena semua aktifitas dimulai dari rumah dan Ibu memegang peranan penting bagi seluruh anggota keluarga agar disiplin pakai masker dan memakai masker dengan baik dan benar. Karena menurut Doni Monardo yang turut hadir pada kesempatan tersebut, menyatakan bahwa 90% masyarakat sudah paham akan kewajiban memakai masker, akan tetapi untuk tingkat kepatuhannya masih berada di bawah 70%.

 

Oleh karenanya Kementerian Kesehatan melakukan kampanye Disiplin Pakai Masker ini mulai 10 Agsutus – 6 September 2020, kemudian disusul dengan kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada 7 September - 6 Oktober 2020, kampanye Jaga Jarak dimulai 7 Oktober hingga 6 November 2020. Kampanye tersebut juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi, UPT Kemenkes, serta Poltekkes di seluruh Indonesia. Selanjutnya akan digaungkan tiga pesan tersebut secara nasional pada November hingga akhir tahun 2020. Dan ingat, cepat atau lambatnya persebaran Covid-19 ini ditentukan sendiri oleh kemauan masyarakat untuk mematuhi dan menegakkan disiplin dalam menjalankan protokol Kesehatan.

 

Jadi jangan pernah bosan untuk selalu pakai masker. Karena maskerku melindungimu dan maskermu melindungiku . Jangan kendor, disiplin pakai masker! (Erl)